Tuesday, April 26, 2016

VIDEO | HEBAT SUNGAI INI BISA MENYEMBURKAN API

Posted by Unknown on 11:07 AM with No comments
Ceritaseru Ular berbisa, laba-laba berbisa, dan kanguru raksasa ternyata bukan hanya hal-hal mengerikan yang membuat manusia menjauh. Terbaru, sungai di Australia pun ternyata tidak ragu untuk membunuh manusia.
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh seorang YouTubers, Jeremy Buckingham, ada sungai bernama Condamine di Queensland dapat terbakar bila terkena api. Ya, Anda tidak salah baca, terbakar! Bukannya sungai itu air? Bagaimana air bisa terbakar?
Tidak ada yang salah dengan air sunga Condamine, penyebab dapat dibakarnya sungai itu adalah kemunculan gas Bumi dari dasar sungai. Hal ini terlihat dari adanya gelembung-gelembung putih yang keluar dari bawah sungai

Sungai terbakar di Australia 2016 YouTube/Jeremy Buckingham
Dari penuturan Jeremy Buckingham, gas alam itu keluar akibat aktivitas penambangan gas alam berjenis Coal seam gas (CSG). Penambangan yang dilakukan dengan cara menyemburkan air bertekanan tinggi sebagai 'bor' untuk mencari gas dari dalam tanah ini diklaim telah menimbulkan kebocoran gas alam di banyak kawasan Australia.
Celakanya, gas alam yang bocor lewat celah batuan itu mengandung gas metan yang menimbulkan polusi air sungai. Bahkan, gas metan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan ledakan saat bertemu dengan oksigen.
Menurut Jeremy, bisa dibakarnya sungai Condamine bermula dari keberadaan tambang gas alam di Chinchilla. Sejak saat itu, muncul gelembung-gelembung gas mudah terbakar di sungai tersebut. Bandarq.

0 comments:

Post a Comment