Tuesday, April 12, 2016

INILAH 5 STRATEGI UNTUK KELOLAH UANG BERSAMA PASANGAN AGAR IMPIAN BERSAMA PASANGAN BISA TERCAPAI

Posted by Unknown on 12:29 PM with No comments
Juragaqq.comHidup bersama pasangan sudah pasti memerlukan biaya hidup yang lebih mahal dari pada hidup sendiri. Jika tidak pandai mengelola keuangan, hidup bersama pasangan akan terasa jauh lebih berat.
Setiap pasangan pasti memiliki rencana besar untuk masa depannya, seperti liburan pernikahan, rumah baru hingga punya anak. Rencana tersebut memerlukan uang yang tidak sedikit, apalagi mencari tambahan penghasilan saat ini bukanlah sesuatu yang mudah.
Mengatur keuangan bersama pasangan dengan menyatukan gaji-gaji suami istri sangat mudah. Namun, untuk mengelolanya yang bisa dibilang sulit. Butuh dua pemikiran menjadi satu.
Apalagi, pikiran masing-masing jauh berbeda. Kendati demikian, para pasangan tidak perlu khawatir dalam menghemat anggaran.
Berikut 5 strategi jitu cara kelola gaji bersama pasangan seperti dilansir serucerita.blogspot.com:

(1.)
Berunding saat pengeluaran

Untuk dapat menyimpan dan menghemat uang, maka konsolidasi atau bicarakan pengeluaran sekecil apapun dengan pasangan, agar sama-sama mengetahui berapa besar total pengeluaran. Konsolidasikan setiap pengeluaran, termasuk tagihan ponsel, langganan koran, langganan internet maupun langganan TV kabel.

(2.)
Lunasi utang secepatnya

Jika saat ini memiliki utang, maka segera lunasi utang tersebut terutama hutang yang memiliki bunga. Lunasi utang sebelum menguras tabungan dan atur strategi agar tidak terjebak menutupi hutang lama dengan hutang yang baru. Seperti misalnya, jika Anda tidak terlalu sering menggunakan fasilitas Tv kabel di rumah, berhentilah berlangganan TV kabel mulai sekarang, karena sering sekali tanpa sadar hal tersebut menjadi penyebab munculnya tagihan hutang.

(3.)
Susun rencana keuangan

Ketika sudah menikah, maka pendapatan dan pengeluaran dengan pasangan sebaiknya digabungkan. Buatlah rekening bersama dan anggaran bersama, sehingga memiliki laporan keuangan yang sama untuk barang-barang dan pengeluaran. Kemudian untuk pembayaran juga bisa dilakukan bersama, sehingga dapat berhemat bersama.

(4.)
Hindari pakai kartu kredit

Berbelanja dengan kartu kredit memang enak, mudah dan semua bisa dibeli. Sebaiknya segera lupakan kartu kredit, jika tidak ingin berhemat dan menyimpan uang atau anda takut berlebihan dalam menggunakan kartu kredit tersebut.
Meskipun terlihat tidak berbahaya menggunakan kartu kredit untuk meningkatkan skor kredit, namun kebiasaan menggunakan kartu kredit akan membuat boros dan memberikan konsekuensi keuangan yang serius. Sedangkan konsekuensi tersebut akan ditanggung bersama pasangan, jangan sampai Anda dan pasangan akhirnya ribut karena hutang kartu kredit.

(5.)
Rencanakan utang

Jika Anda atau pasangan sudah mempunyai utang, sebaiknya buatlah rencana bersama untuk saling membantu mengatasi utang tersebut secara efisien. Dengan membahas utang secara bersama-sama, Anda dan pasangan akan lebih komprehensif menentukan rencana pembayaran yang terbaik untuk mengurangi beban bunga dan melunasi utang lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment